fbpx
Optimalkan Proyek Survey Pemetaan dengan Drone

Optimalkan Proyek Survey Pemetaan dengan Drone

Ketika drone/ UAV komersial pertama kali diperkenalkan, industri survey pemetaan (geospasial) segera mengadopsinya. Drone dilengkapi dengan berbagai jenis sensor dan kamera, drone diubah menjadi perangkat pengumpul data terbang. Jelas bahwa drone dapat mengoptimalkan alur kerja, meningkatkan keselamatan, mengoptimalkan hasil proyek dan merealisasikan penghematan biaya yang cukup besar. Contoh berikut menunjukkan bagaimana perusahaan survey menggunakan drone dalam berbagai proyek yang menggunakan data geospasial.

Survey dan Pemetaan

Tim Zona Spasial memonitor pesawat UAV
Tim Zona Spasial memonitor pesawat UAV

UAV dapat meringankan pekerjaan proyek survey pemetaan terestrial secara signifikan, misalnya di daerah berbahaya dimana tanah longsor dan gempa bumi biasa terjadi. Contohnya adalah proyek pemetaan di Papua Nugini, yang dilakukan oleh Survey & Design, sebuah perusahaan survei di Queensland Utara, Australia. Dengan menggunakan UAV untuk survey situs topografi, tim dapat menghemat waktu dan meningkatkan keselamatan. Para surveyor tidak perlu memasuki area berisiko dan menempatkan peralatan survey di sana. Menggunakan sensor canggih, dengan akurasi data sama baiknya, drone dapat menggantikan metode survey tradisional.

Drone tentu saja telah mengubah industri survey pemetaan, penghematan biaya, efisiensi dan keuntungan keamanan. Perusahaan survey ingin meningkatkan efektifitas survey dengan drone, artinya berusaha melakukan survey dengan area lebih banyak namun dengan waktu yang lebih sedikit. Drone telah terbukti menjadi cara terbaik untuk melakukan survey lahan, namun perusahaan surveyor terlebih dahulu harus berinvestasi sebelum mereka dapat melihat manfaat finansial.

Misalnya, investasi dalam pelatihan untuk dapat mengoperasikan UAV, dan sistem UAV yang lengkap (bukan hanya drone, tetapi seluruh rangkaian perangkat keras dan perangkat lunak) yang menghasilkan data foto udara yang optimal. Riset dan pengembangan juga telah dilakukan oleh tim Zona Spasial. Tim engineer kami telah melakukan serangkaian riset untuk meningkatkan kapabilitas di bidang survey foto udara, hingga lahirlah pesawat rakitan kami, Dadali UAV.

baca juga : Lakukan Survey dan Pemetaan Lebih Cepat dengan UAV

Pertambangan

Drone untuk pertambangan

Selama bertahun-tahun, perusahaan survey pemetaan harus mengandalkan fotografi udara menggunakan airborne ketika memetakan tambang terbuka. Tetapi fotografi udara terbukti mahal, karena proyek pemetaan udara biasanya mencakup wilayah yang luas agar menguntungkan. Drone terbukti menjadi alternatif yang bagus untuk area pemetaan skala kecil seperti tambang terbuka. Selain itu, mereka dapat memetakan area yang tidak aman dan tidak dapat diakses oleh manusia

Hal yang sama dapat dilakukan untuk survey tanah di area tambang, seringkali penuh dengan resiko. Dengan menggunakan UAV yang dilengkapi dengan kamera udara, anda dapat menghindari resiko itu. Saat ini banyak perusahaan menawarkan hexacopter yang dapat terbang mandiri untuk menghasilkan produk data geospasial seperti orthophotos (gambar udara yang dikoreksi secara geometris), model 3D point cloud (set titik data di ruang angkasa, yang berisi koordinat x, y dan z) ). Terlepas dari tujuan pemetaan, pekerjaan yang sedang berlangsung di tambang terbuka dapat dipantau menggunakan UAV, misalnya stock pile, muck pile, pemantauan dan analisis aset, serta inspeksi pabrik, dan peralatan.

Pertanian

Drone untuk pertanian

Pertanian digital adalah pangsa pasar baru dimana teknologi drone semakin banyak diterapkan. Perusahaan software pemetaan mengembangkan fitur khusus drone dalam industi pertanian. Citra drone dan teknik fotogrametri dapat membantu petani mengelola dan memantau tanaman mereka. Misalnya, peta foto udara yang beresolusi tinggi dapat membantu petani untuk mencari tahu masalah tanaman, sedangkan peta indeks vegetasi membantu mereka memahami kondisi tanaman. Kita juga dapat menghitung jumlah tanaman dengan fitur tree counting. Model permukaan digital terperinci membantu petani untuk merencanakan irigasi, struktur lapangan untuk meminimalkan erosi tanah, dan dapat digunakan untuk memvalidasi klaim asuransi. Ini baru permulaan, aplikasi pertanian yang baru akan terus bermunculan dan dikembangkan. Salahsatu yang mungkin diterapkan adalah, memperkirakan pertumbuhan tanaman (forecasting) yang akan membantu memahami bagaimana tanaman berubah seiring waktu, sebagai hasil dari berbagai teknik pertanian.

Energi

Peta Area Mikrohidro

Inspeksi kabel listrik adalah kasus penggunaan survey pemetaan yang penting untuk drone. Industri energi telah berpaling dari penggunaan helikopter dan operasi darat, dengan memanfaatkan otomatisasi survey grid, untuk meningkatkan keselamatan, manajemen data, dan mengurangi dampak lingkungan. Delair-Tech, penyedia solusi drone end to end yang aktif di banyak industri yang berbeda, mengklaim bahwa drone menghemat 30 hingga 40 persen biaya proyek daripada menggunakan helikopter untuk pekerjaan inspeksi saluran listrik.

Konstruksi

Foto udara rel kereta

Area konstruksi dapat dikelola dan ditingkatkan dengan menggunakan drone. Keselamatan selalu menjadi masalah besar di area ini. Kabar baiknya adalah, survey menggunakan drone untuk melakukan pengukuran atau kegiatan lain dapat membantu menghindari korban. Kedua, karena tempat kerja cenderung berubah dengan cepat dari waktu ke waktu, drone dapat digunakan sebagai perangkat pemantauan dengan mengumpulkan data di sekitarnya. Model 3D yang didasarkan pada pengumpulan data berbasis drone, dapat secara akurat menampilkan pembaruan harian yang pada gilirannya dapat dibagikan di antara semua pemangku kepentingan, memberikan satu sumber data faktual. Hal ini pada saatnya membantu mengurangi risiko survey dan mengidentifikasi masalah sebelum timbul, serta menghindari kesalahan yang berbiaya mahal.

Distribusi dan Monetisasi Peta Drone

Foto udara perkotaan

Artikel ini membahas penggunaan drone dalam banyak industri, yang menunjukkan bagaimana proyek survey dan pemetaan dapat mengambil manfaat dari penggunaan drone. Sayangnya, proyek drone sebagian besar dilakukan sekali, dan data hanya digunakan oleh beberapa pemangku kepentingan. Apa yang akan terjadi jika kita memiliki peta di banyak lokasi survey namun tidak dimanfaatkan lebih lanjut? Ini merupakan sebuah peluang untuk memanfaatkan kembali peta yang kita dapatkan dan menjualnya kepada pihak lain yang membutuhkan. Jika suatu saat ada permintaan proyek dan ternyata kita sudah pernah memetakan lokasi tersebut? maka dengan mudah kita menjual peta hasil proyek sebelumnya untuk berbagai kepentingan.

untuk proyek survey pemetaan bagi perusahaan Anda, segera hubungi kami di info@zonaspasial.com atau WA 085794084844


Sumber :

https://medium.com/soar-earth/how-drones-can-optimize-surveying-and-mapping-projects-51dc88dbd4d0

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

© Copyright 2019 - Zona Spasial. All Rights Reserved
Zona Chat
Send via WhatsApp